7 Fakta Menarik Jelang Laga Indonesia VS Malaysia

HALAMANINDONESIA.COM – Setiap kali pertemuan Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Malaysia sarat dengan rivalitas. Sering terjadi gesekan di antara pemain maupun suporter.

Hal yang sama diprediksi akan kembali tersaji dalam laga hidup mati penentuan tim yang akan lolos ke semi final mewakili Grub B Piala AFF 2020 pada hari Minggu 19 Desember 2021.

Setelah melewati tiga pertandingan, Timnas Indonesia bertengger di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi tujuh poin. Anak asuh Shin Tae-yong memiliki poin yang sama dengan Vietnam di tempat kedua. Sementara Malaysia berada pada posisi ketiga dengan enam poin, sehingga posisi skuad garuda Indonesia belum aman.

Berikut halamanindonesia.com merangkum 7 Fakta Jelang Laga Indonesia VS Malaysia

1. Indonesia Hanya Butuh Hasil Imbang

Sebagai pimpinan grup B pada Piala AFF 2020 dengan koleksi tujuh poin, Timnas Indonesia sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak semifinal. Sementara timnas Malaysia yang berada di urutan ketiga dengan 6 poin, tidak punya pilihan, selain wajib memenangkan pertandingan.

2. Rekor Pertemuan Indonesia vs Malaysia di Piala AFF

Sejak Piala AFF dilaksanakan pertama kali pada 1996 (dengan nama Piala Tiger), Garuda sudah 8 kali berhadapan dengan Harimau Malaya. Dari delapan pertemuan tersebuat kedua negara masing-masing menang sebanyak 4 kali.

Tentu, catatan ini patut menjadi perhatian khusus karena Malaysia menjadi salah satu rival bebuyutan skuad Merah Putih di kawasan Asia Tenggara. Berikut rekor pertemuannya

Piala AFF 1996: Indonesia vs Malaysia 1–3
Piala AFF 2002: Malaysia vs Indonesia 0–1
Piala AFF 2004: Indonesia vs Malaysia 1–2
Piala AFF 2004: Malaysia vs Indonesia 1–4
Piala AFF 2010: Indonesia vs Malaysia 5–1
Piala AFF 2010: Malaysia vs Indonesia 3-0
Piala AFF 2010: Indonesia vs Malaysia 2-1
Piala AFF 2012: Malaysia vs Indonesia 2-0

3. Elkan Baggott Kembali Bisa Tampil

Elkan Baggott. Foto : PSSI

Sempat menjadi perbincangan netizen, Elkan Baggott akhirnya dipastikan dapat membela Indonesia saat berjumpa dengan malaysia. Bek tengah Ipswich Town itu tentunya akan menjadi amunisi baru Timnas Indonesia.

Pemain naturalisasi usian 19 tahun itu sempat absen melawan Vietnam karena harus menjalani karantina dadakan menyusul temuan Kementerian Kesehatan Singapura mengenai seseorang yang sepesawat dengannya dari London ke Singapura, terjangkit COVID-19. Akibat insiden ini, Baggott diminta karatina hingga Sabtu, 18 Desember 2021.

4. Egy Maulana Vikri Belum Hadir

Hingga saat ini, Timnas Indonesia juga masih menantikan kehadiran Egy Maulana Vikri yang bermain di klub FK Senica. Shin Tae-yong usai pertandingan melawan Vietnam beberapa hari lalu menyampaikan bila timnya sangat membutuhkan penyerang produktif dan berharap Egy bisa hadir secepatnya.

5. Lini Belakang Malaysia Keropos?

Malaysia sebenarnya tengah dihantui cedera pemain. Dua bek tengah andalan tim Negeri Jiran, yakni Shahrul Saad dan sang kapten Aidil Zafuan Abdul Razak dipastikan absen karena cedera.

Tanpa kehadiran kedua pemain ini, Malaysia praktis hanya memiliki Dominic Tan di posisi bek tengah. Pemain ini sempat menjadi sorotan akibat dianggap tampil buruk saat Malaysia bertemu Vietnam.

Meski demikian, Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe sedikit bisa bernapas lega. Pasalnya, pemain keturunan, Dion Cools sudah terbang dari Denmark menuju Singapura. Pemain berdarah Belgia-Malaysia itu kemungkinan bakal jadi tandem Dominic untuk menambal pertahanan Malaysia.

Asnawi Mangkualam saat merayakan gol. Foto : PSSI

6. Tiga Pemain Malaysia yang Positif COVID-19 Kembali Bisa Tampil

Napas panjang juga bisa dihirup Malaysia saat tiga pemain yang positif COVID-19 sudah pulih dan menuntaskan masa karantina. Mereka adalah kiper Khairul Azhan, pemain sayap Faisal Halim dan Quentin Cheng yang beraksi di posisi pertahanan kanan.

“Mereka sudah mulai melakukan aktivitas dengan tim. Setelah recovery, mereka siap menjalani pertarungan kontra Indonesia.”

7. Mulai Memanas di Media Sosial

Duel Timnas Indonesia vs Malaysia dijadwalkan terselenggara di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). Meski belum terlaksana, situasi mulai memanas di jagat media sosial.

Pemain andalan Timnas Malaysia, Sawafi Rasid dilaporkan panen komentar sinis dari netizen Indonesia. Hal itu diakui oleh Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe dikutip dari Malaymail, Kamis (16/12), Tan Cheng Hoe memastikan jika Skuad Harimau Malaysia dalam kondisi baik secara fisik jelang pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Namun, ada pemain yang dihujani komentar sinis dari netizen, salah satunya Safawi Rasid. Meski diserang, Safawi Rasid diklaim tak goyah dengan serangan itu.

Tan Cheng Hoe juga berpesan kepada pemain Malaysia untuk tak mudah terprovokasi dari media Indonesia.”Saya sadar rivalitas tim Malaysia melawan indonesia selalu panas dengan unsur provokasi, terutama media mereka,” buka Tan Cheng Hoe.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *